Menggerakkan Mobil dengan Kekuatan Pikiran


Gambar
dok gizmag
Berlin - Teknologi otomotif makin canggih, bahkan sesuatu yang dianggap mustahil di masa lalu kini menjadi nyata. Untuk mengendarai mobil misalnya, kini bisa menggunakan kekuatan pikiran.

Hal ini dibuktikan oleh tim AutoNOMOS dari Universitas Freie Berlin Jerman. Setelah sukses mengontrol mobil lewat iPhone, iPad mereka kini mencoba dengan kekuatan pikiran.

Alatnya pun bisa ditemui di pasaran, yakni sebuah peralatan game dari Emotiv  EPOC dan tentunya software-software kompleks yang dikembangkan oleh AutoNOMOS.

Kekuatan pikiran yang mempu mengendarai kendaraan ini disebut dengan BrainDriver.

Seperti dilansir pada gizmag, Senin(21/2/2011) BrainDriver memperoleh sinyal bioelectric dari sinyal yang dipancarkan otak pengemudi melalui 16 sensor EEG pada neuroheadset EPOC.

Sebelum melakukan pengujian, pertama-tama si pengemudi harus belajar mengoperasikan sistem sofware yang disebut dengan tool kit. Dimana para pengemudi harus belajar terlebih dahulu, bagaimana cara memutarbalikkan sebuah kotak pada layar komputer dengan pikiran mereka.

Ketika masuk ke jalanan betulan, BrainDriver akan menyesuaikan hal ini dengan perintah pada mobil seperti untuk mengerem atau menginjak pedal sesuai sistem drive-by-wire mobil.

Memang untuk saat ini, sistem ini hanya sebuah proyek demonstrasi. Namun para mahasiswa ini percaya bahwa itu bisa diterapkan di masa depan nanti.

Wah ada efeknya ke isi kepala kita tidak ya?

0 komentar:

Posting Komentar

Jumlah Tamu Terhormat Terakhir

Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.